Kunci Gitar

Dasar-Dasar Kunci Gitar

kunci gitar dasar untuk pemula

Cara Belajar Kunci Gitar dengan Mudah Untuk Pemula (Lengkap)

Kunci Gitar – Pada artikel kali ini kita akan secara khusus membahas pembelajaran dalam bermain gitar di tahap persiapan. Tahap ini jangan sampai luput dari perhatian, apalagi Anda abaikan, sebab bisa jadi akan memperlambat proses belajar Anda. Lebih lanjut, tahap persiapan dalam bermain gitar akan membuat Anda mahir bertahan menghadapi ragam tantangan yang akan selalu menyapa dalam proses belajar gitar.

Adapun Hal-Hal yang Mesti Anda Siapkan Sebelum Belajar Main Gitar akan dijelaskan dalam uraian berikut ini:

1. Buat Posisi Anda Senyaman Mungkin

Perhatikan posisi Anda ketika ingin mulai memegang gitar. Tak perlu menyontek posisi orang lain yang Anda idolakan, lantas menuntut diri agar bisa memegang gitar dengan cara yang sama persis dengan orang lain. Jadilah diri sendiri dan temukanlah kenyamanan Anda yang eksklusif ketika memangku gitar, menjangkau senar dan memetiknya, atau ketika tunning atau mengatur senar gitar.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan posisi yang nyaman dan ideal ketika memegang gitar:

a. Carilah tempat duduk yang nyaman, lalu Anda bisa duduk di tempat tersebut dengan menegakkan punggung serta bahu. Anda bisa menggunakan kaki kanan untuk menahan badan gitar agar posisinya tetap seimbang. Jangan membungkuk, karena posisi tersebut akan membuat badan cepat pegal.

b. Dekatkanlah badan gitar ke perut dan dada, lalu simpan tangan kiri Anda ke bagian leher gitar. Atur jari-jari Anda sehingga membentuk huruf V di mana posisi ibu jari berada di bagian belakang sementara empat jari lainnya ada di depan leher gitar.

c. Cobalah mulai menekan dan memetik senar gitar secara asal, dari mulai tekanan yang pelan hingga cepat. Ini berguna untuk melatih keseimbangan.

d. Lakukan posisi ini setiap lima menit sekali, diselang dengan istirahat sejenak untuk membuat punggung dan bahu Anda terindung dari pegal atau sakit.

2. Mempelajari Teknik Tunning (Cara Menyetel Senar Gitar)

Langkah selanjutnya dari Hal-Hal yang Mesti Anda Siapkan Sebelum Belajar Main Gitar adalah mempelajari tunning. Ini merupakan hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan agar menghasilkan suara yang merdu ketika memetik senar gitar.

Penting untuk Anda ketahui, ketika gitar ada dalam pangkuan Anda dan kondisinya masih baru, senarnya tidak segera otomatis tersetel di posisi yang benar. Untuk membuat senar terpetik merdu, lakukanlah penyetelan senar gitar dengan mengikuti langkah berikut:

a. Ketahuilah, senar gitar memiliki ketebalan yang berbeda-beda, di mana yang terpasang paling atas adalah yang paling tebal, sementara makin ke bawah semakin tipis. Adapun urutan senar gitar dari bawah ke atas adalah: E, B, G, D, A dan E. Agar lebih mudah menghapalnya, Anda bisa menghapal frasa “Ekspor Biji Gandum Dari Amerika Eropa” untuk mengingat huruf pertama dari setiap kata. 

b. Pada dasarnya, ketika Anda ingin mendapatkan nada yang tinggi, maka kencangkanlah senar gitar Anda dengan cara memutar tunner yang terletak di kepala gitar. Sebaliknya, nada rendah bisa Anda dapatkan dengan melonggarkannya. Semakin sering Anda berlatih mengatur tunner, Anda akan semakin peka dalam mendapatkan nada sesuai keinginan.

Untuk tahap awal, Anda bisa meminta bantuan pada guru atau teman yang lebih mahir. Tapi jangan membiarkan diri Anda bergantung. Dalam kondisi santai, berlatihlah seperlunya agar terbiasa mengatur senar gitar secara mandiri.

3. Mempelajari Kunci-Kunci Dasar pada Gitar

Ketika Anda sudah lancar dan percaya diri untuk tunning, langkah selanjutnya adalah mempelajari kunci-kunci dasar pada gitar. Adapun kunci dasar pada gitar terdiri dari A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C dan G, di mana setiap kunci memiliki cara tersendiri untuk dimainkan. Sebagai contoh, ketika Anda ingin memainkan nada A, maka Anda perlu nmenekan senar D, G dan B, serta memetik senar A, D, G, B, E saja. Sementara itu, senar E yang ada di posisi paling atas tidak perlu Anda ganggu.

Untuk penjelasan lebih detil seputar cara memainkan kunci dasar pada gitar, mari simak uraian berikut ini:

KUNCI A

Tempatkan jari telunjuk Anda pada senar ke 4 dan kolom ke 2, sementara jari tengah ditempatkan di senar ke 3 dan kolom ke 2. Sementara itu, tempatkan jari manis Anda untuk menekan senar ke 2 dan kolom ke 2. Selanjutnya, petiklah senar ke 1 dan ke 5 tapi tidak untuk senar 6.

KUNCI Am

AM adalah kependekan dari A Minor. Untuk memainkan kunci gitar yang satu ini, tekanlah senar ke 2 dan kolom ke 1 oleh jari telunjuk Anda, sementara jari tengah bertugas menekan senar ke 4 dan kolom ke 2. Sementara itu, tempatkan jari manis Anda di senar ke 3 kolom ke 2. Untuk membunyikannya, petiklah hanya senar 1 dan 5 dan tidak untuk senar nomor 6.

KUNCI B

Cara memainkan kunci yang satu ini terbilang cukup rumit, tapi Anda pastinya akan bisa memainkannya. Caranya yakni dengan menempatkan jari telunjuk untuk menekan senar ke 1 dan ke 5 di kolom ke 2 sehingga jari menjadi lebih lurus.

Sementara itu, jari manis berada di senar ke 4 dan kolom ke 3. Jangan lupa dengan jari kelingking yang juga harus Anda tugaskan untuk menekan senar ke 3 dan kolom ke 3. Sedangkan jari tengah digunakan untuk menutup senar ke 6 agar tidak berbunyi.

Memainkan kunci gitar B memang membutuhkan kelenturan tangan. Tapi dengan latihan rutin dan sungguh-sungguh, Anda pasti bisa terbiasa memainkannya.

KUNCI Bm

Ketika ingin memainkan kunci Bm atau B Minor, posisi jari Anda hampir sama dengan ketika Anda memainkan kunci B. Bedanya, Anda hanya perlu menempatkan jari tengah Anda untuk menekan senar ke 2 dan kolom ke 2. Adapun senar ke 6 tidak perlu dibunyikan.

KUNCI C

Untuk memainkan kunci C secara tepat, tempatkanlah jari telunjuk untuk menekan senar ke 2 dan kolom ke 1, sementara jari tengah berada di senar ke 4 dan kolom ke 2. Adapun jari manis Anda berfungsi untuk menekan senar ke 5 dan kolom ke 3. Sama seperti cara memetik kunci yang lainnya, Anda bisa memetik semua senar tanpa perlu menggenjring senar 6.

KUNCI D

Selanjutnya, Anda perlu mampu memainkan kunci D, di mana Anda hanya perlu menempatkan jari telunjuk Anda untuk menekan senar ke 3 dan kolom ke 2. Sementara itu, tempatkanlah jari tengah di senar 1 dan kolom ke 2, serta jari manis berada di senar ke 2 dan kolom yang ke 3. Adapun senar 5 dan senar ke 6 tak perlu dibunyikan. Lantas mana yang harus dipetik? Yakni senar ke 4, sebab di sana terdapat nada D.

KUNCI E

Kunci gitar selanjutnya yang harus mampu Anda mainkan adalah kunci gitar Kunci Gitar E. Adapun panduan cara memainkannya, mula-mula tempatkanlah jari telunjuk Anda di senar ke 3 dan kolom ke 1, jari tengah berada di senar ke 5 dan kolom ke 2, sedangkan untuk jari manis berada di senar ke 4 dan kolom ke 2. Untuk membunyikannya, petiklah semua senar tanpa terkecuali.

KUNCI EM

Kunci E minor tergolong jenis kunci yang mudah dimainkan, di mana Anda hanya perlu menekan senar ke 5 dan kolom ke 2 olej jari tengah, sementara senar ke 4 dan kolom ke 2 bisa ditekan oleh jari manis. Sama dengan kunci E, semua senar pada kunci ini dapat dibunyikan.

KUNCI F

Cara membunyikan Kunci F agak mirip dengan kunci C. Bedanya, untuk kunci F, posisi jari telunjuk Anda digunakan untuk menekan senar 1 dan 2 di kolom 2. Sementara itu, jari tengah menekan senar ke 3 kolom ke 2, serta jari manis bertugas menekan senar ke 4 dan kolom ke 3. Senar yang tidak dibunyikan hanya senar yang ke 6.

KUNCI G

Kunci dasar selanjutnya yang harus Anda ketahui cara memainkannya adalah kunci G. Adapun cara memainkannya, tempatkanlah jari telunjuk Anda untuk menekan senar ke 5 dan kolom ke 2. Adapun jari tengah berada di senar ke 1 dan kolom ke 3. Untuk membunyikan kunci G, Anda bisa memetik semua senar tanpa terkecuali.

KUNCI D7

Untuk memainkan kunci gitar D7, tempatkanlah jari telunjuk Anda untuk menekan senar ke 2 dan kolom ke 1. Sementara itu, jari tengah berfungsi menekan senar ke 3 dan kolom ke 2, serta jari manis bertugas menekan senar ke 1 dan kolom ke 2.

***

Selanjutnya, untuk mendapatkan permainan nada yang tepat, dibutuhkan catatan khusus dan latihan yang teratur. Dengan begitu, Anda tidak perlu terus-menerus menyontek catatan ketika ingin membawakan serangkaian nada.

4. Teknik Memetik Senar Gitar

Ketika Anda mulai belajar memetik senar gitar, pastikanlah Anda telah menghapal penempatan jari pada setiap senar gitar dengan menggunakan lima jari. Belajarlah menekan senar, lalu pastikan Anda hanya merasakan getaran di jari tempat senar ditekan.

Selanjutnya, mulailah memainkan kunci dasar berdasarkan catatan dari mulai yang termudah. Misalnya, Anda bisa memulai dengan memainkan kunci A yang dianggap paling mudah karena masih dalam satu ruas yang sama.

Ingat, biasakanlah untuk serius berlatih memetik senar gitar, jangan asal-asalan, jangan pula cepat bosan. Usahakanlah agar petikan gitar Anda menghasilkan nada yang merdu dan jernih. Setelah hapal semua letak kunci gitar dan bagaimana memainkannya, Anda bisa maju ke tahap memainkan lagu pakai gitar. 

5. Bermain Gitar untuk Pertunjukan

Setelah merasa bahwa jemari Anda mulai lihai memetik gitar dengan nada dan petikan yang tepat, sudah saatnya Anda mengasah rasa percaya diri dengan mulai memainkan gitar di depan orang lain. Anda bisa memulainya dengan cara yang paling sederhana, yakni memainkan gitar di depan teman dekat Anda, atau ketika sedang mengobrol atau bercengkrama santai.

Percayalah, orang-orang di sekitar Anda pastinya akan mendukung agenda pembelajaran gitar Anda, dan mereka akan mengapresiasi setiap upaya Anda meski sesekali akan menemukan kesalahan kecil khas pemain gitar ala pemula.

Anda bahkan bisa mengasah mental untuk tampil bermain gitar dengan cara “mengamen” di tempat-tempat yang diperbolehkan. Seriuslah bermain dan membawakan lagu dengan gitar di depan orang asing. Lalu Anda akan bisa mengukur kualitas bermain gitar Anda dari memperhatikan respons orang-orang.

***

Ingatlah bahwa pencapaian menjadi gitaris mahir dan profesional bukanlah sesuatu yang didapatkan secara tiba-tiba. Maka iringilah kesungguhan dan keseriusan di setiap proses pembelajaran. Mungkin akan ada banyak godaan yang mengganggu proses belajar Anda, misalnya anggapan bahwa belajar gitar hanya buang-buang waktu, hingga kesibukan lain yang menyita tenaga.

Jadikanlah setiap hambatan tersebut sebagai tantangan yang harus dihadapi dengan berani. Tetaplah luruskan niat, bahwa keinginan Anda untuk bermain gitar didorong oleh apresiasi tinggi terhadap dunia musik, upaya relaksasi dan hiburan, serta sekaligus juga mengasah otak dan kreativitas. Jika niat untuk membaguskan kualitas diri itu telah tertanam, maka cepat atau lambat, kesuksesan menjadi gitaris mahir akan mampu Anda genggam.

Tips Cepat Menguasai Permainan Gitar

Bermain gitar bisa dikatakan susah-susah gampang. Keinginan untuk bisa menguasai permainan gitar membuat kita harus melakukan beberapa hal untuk mencapainya, seperti:

  1. Pelajari anatomi gitar

Sebelum belajar gitar lebih jauh, penting bagi kita untuk mengenal bagian-bagian dari gitar. Bukan hal yang tidak mungkin jika dalam informasi yang kita dapatkan menggunakan istilah bagian-bagian gitar tersebut. Dengan mengetahuinya, maka kita bisa memahami informasi mengenai cara memainkan gitar.

  1. Belajar melalui lagu yang mudah

Praktik menjadi salah satu cara ampuh untuk bisa menguasai permainan gitar dengan cepat. Setelah Anda menguasai kunci-kunci dasarnya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba memainkan sebuah lagu dengan iringan gitar. Pilihlah lagu dengan chord gitar yang mudah terlebih dahulu. Terdapat berbagai band Indonesia yang memiliki lagu dengan chord gitar mudah, seperti lagu berjudul Anugerah Terindah yang Pernah Ku Miliki oleh Sheilla on 7. Lagu tersebut memiliki chord yang hanya diulang-ulang saja.

Dengan memaikan gitar melalui sebuah lagu akan membuat kita lebih semangat dan aplikatif sehingga kita bisa segera menguasai permainannya dengan handal.

  1. Melihat video tutorial

Sekarang ini, banyak video tutorial yang dapat mengajarkan kita tentang cara memainkan gitar, mulai dari belajar kunci gitar, memainkan lagu yang mudah hingga teknik penyeteman yang benar. Anda dapat mengikuti dan mengulang video tersebut agar keterampilan Anda semakin meningkat. Anda bisa mengakses video melalui HP atau laptop agar lebih leluasa dalam menontonnya.

  1. Mempelajari dari buku atau internet

Meskipun sudah ada video, masih banyak orang yang mempelajari bermain gitar melalui artikel di internet atau buku. Terkadang, kita membutuhkan penjelasan dalam bentuk tulisan untuk bisa lebih memahami berbagai hal yang diperlukan ketika memainkan gitar. Dengan demikian, Anda bisa segera mempraktikkannya setelah membaca atau mempelajari informasi tersebut.

  1. Buatlah jadwal rutin belajar memainkan gitar

Kunci utama agar handal dalam memainkan gitar adalah rutin melakukannya. Apabila kita jeda satu atau dua hari saja, pasti keterampilan kita jadi menurun. Itulah mengapa pentingnya belajar secara rutin. Tidak perlu berlama-lama, cukup 1 atau 2 jam, tapi melakukannya setiap hari. Hal ini lebih baik untuk segera mendapatkan keterampilan handal saat belajar kunci gitar. Buatlah jadwal secara rutin, misalnya setiap jam 16.00 sampai 17.00, Anda harus memegang gitar, entah belajar stem ataupun memainkan lagu.

  1. Luangkan waktu untuk menonton gitaris favorit

Kegemaran Anda dalam memainkan gitar harus dikembangkan agar tidak bosan. Bagi Anda yang memiliki gitaris favorit, maka bisa sesekali menonton konsernya bersama orang terdekat. Dengan demikian, kecintaan Anda akan semakin dalam sehingga ingin selalu belajar untuk meningkatkan keterampilan memainkan gitar. Banyak gitaris handal yang bisa memberikan inspirasi mengenai teknik permainan gitarnya yang bisa kita pelajari.

Demikian informasi mengenai cara memainkan gitar dengan mudah dan cepat. Memiliki keterampilan dalam memainkan alat musik menjadi kelebihan tersendiri bagi kita untuk menghiasi keseharian dengan musik. Penting bagi kita untuk menguasai kunci gitar terlebih dahulu. Semangat! Semoga Berhasil!

Comments are off this post